Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keliling Eropa Jadi Lebih Mudah dengan Visa Schengen

  • Oleh Advertorial
  • 02 Agustus 2019 - 19:58 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Keliling Eropa menjadi lebih mudah dengan Visa Schengen. Visa ini berlaku di berbagai negara Eropa. Visa ini memungkinkan pemegangnya masuk ke banyak negara hanya dengan satu dokumen saja. 

Traveller pun bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya untuk mengurus visa. Cukup sekali mengurus Visa Schengen, akses masuk ke banyak negara pun sudah terbuka lebar dan kamu bisa nyaman keliling Eropa.

Namun, sebelum mengurus visa ini, ada baiknya mengetahui beberapa hal penting yang harus kamu tahu. Lima di antaranya adalah sebagai berikut:

Negara yang Memberlakukan Visa Schengen

Total ada 30 negara yang menandatangani perjanjian Schengen di Luxemburg pada tahun 1985 silam. Namun hanya ada 26 negara yang memberlakukan Visa Schengen untuk orang asing yang masuk ke wilayah mereka.

Ada 23 negara Uni Eropa yang memberlakukan visa ini, yaitu Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Belanda, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, dan Swiss.

Bukan Uni Eropa, Tapi Kamu Bisa Pakai Visa Schengen di Negara Ini

Selain berlaku di 23 negara di atas, Visa Schengen juga berlaku di Swiss, Liechtenstein, dan Norwegia. Ketiga negara ini tidak termasuk dalam jajaran Uni Eropa, namun turut dalam perjanjian Schengen dan memberlakukan visa ini bagi turis yang masuk ke negara mereka.

Sementara itu, Inggris dan Irlandia tidak turut memberlakukan visa ini. Kamu harus mengurus visa secara terpisah jika ingin melanjutkan perjalanan ke dua negara ini setelah keliling Eropa.

Kedubes Favorit Penerbit Visa Schengen di Indonesia

Favorit di sini berdasarkan kemudahan pengurusan visa dan harga tiket pesawat menuju ke sana. Perlu diingat bahwa Visa Schengen harus diurus di negara kedatangan pertama atau kunjungan paling di Eropa. Sebagian besar traveller mengurus visa ini di Kedutaan Belanda atau Belgia, yang dikenal rileks dan mudah memberikan akses masuk ke negara mereka bagi wisatawan Indonesia.

Syarat Pembuatan Visa Schengen

Siapkan semua syarat pembuatan visa Schengen sebelum berangkat ke Kedutaan Besar yang dituju. Dokumen yang diperlukan adalah Paspor, pas foto terbaru, fotokopi KTP dan KK, Asuransi Perjalanan, Formulir Permohonan Visa, Itinerary, Bukti Keuangan, Surat Keterangan Kerja, Bukti Reservasi Tiket Pesawat, Bukti Reservasi Penginapan.

Di antara berbagai syarat yang dibutuhkan, bukti tabungan bisa jadi yang paling berat. Agar pengurusan visa lancar, siapkan bukti tabungan dengan jumlah saldo minimal yang ditetapkan oleh Kedutaan Besar tempat kamu mengurus visa. 

Berita Terbaru