Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harus Ada Sumur Bor di Desa Kesulitan Air Bersih

  • Oleh Naco
  • 03 Agustus 2019 - 12:44 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Keberadaan sumur bor dinilai sangat penting bagi desa yang tidak terjangkau PDAM dan kesulitan air bersih.

Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur Handoyo J Wibowo  mengatakan musim kemarau saat ini air bersih kerap kali membuat masyarakat kesulitan baik itu yang tinggal di selatan maupun di utara Kotim.

Maka dari itu dengan adanya sumur bor bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hari-hari mereka seperti mencuci, masak dan lain sebagainya.

"Biasanya masyarakat itu memanfaatkan air sungai. Tapi kalau musim kemarau sekarang ini air sungai itu surut dan kotor. Sangat tidak layak digunakan," katanya, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Setidaknya kata politisi Partai Demokrat itu setiap RT itu ada 1 titik sumur bor. Itu bisa diadakan melalui anggaran yang tertuang dalam APBDes. 

"Apalagi saat ini hampir tidak ada lagi sungai yang ada di pelosok sana bisa dimanfaatkan karena sebagian besar tercemar baik itu akibat limbah sawit hingga tambang ilegal," tegasnya.

Selain pembuatan sumut bor melalui desa, ia juga menekankan untuk tiap kecamatan yang ada juga bisa melakukan hal yang sama sebagai antisipasi mengatasi kesulitan air bersih.

"Kalau kecamatan yang sudah masuk PDAM tidak masalah. Bagi yang belum ini perlu dipikirkan, lebih besar biaya kita jika selalu mendistribusikan dari kota," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru