Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MUI Dukung Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalteng 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 03 Agustus 2019 - 13:34 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Tengah mendapat dukungan dari Majelis Ulama Indonesia atau MUI Provinsi Kalteng.

Pihak MUI juga telah mengupas dampak maupun hal yang harus disiapkan menyikapi pemindahan tersebut ke Bumi Tambun Bungai. 

"MUI mendukung pemprov Kalteng untuk mewujudkan pemindahan ibu kota ke Kalteng," kata Sekretaris Umum MUI Kalteng, Bulkani dalam dialog Muzakoratussobah di Masjid Raya Darussalam, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Dialog tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Ketua Dewan Riset Daerah Kalteng, Sulmin Gumiri dan Rektor IAIN Palangka Raya Khairil Anwar.

Bulkani mengimbau umat untuk siap menghadapi efek pemindahan tersebut. Di sisi lain, MUI juga mendorong terbangunnya ibu kota pemerintahan Republik Indonesia dan wilayah sekitarnya yang madani sehingga nilai religius termasuk kearifan lokal tidak terkikis.

Sementara itu, Sulmin lebih banyak mengupas nilai tawar kenapa ibu kota harus pindah ke Kalimantan. Hal yang paling utama adalah kebahagiaan. 

"Ada beberapa faktor orang bahagia. Pertama, orang bahagia terlepas dari agama apapun adalah orang yang punya keseimbangan emosi. Kemudian kehidupan spiritual," kata Sulmin Gumiri.

Hal lainnya adalah kesehatan yang baik. Selanjutnya, ketahanan keluarga, pendapatan, jaminan pengayoman dari pemerintah, pendidikan dan lain-lain.

Khairil Anwar mengatakan, perlu memperkuat moderasi dalam beragama menghadapi pemindahan tersebut. Salah satunya dengan melakukan pengajian. Baik secara langsung maupun yang berhubungan dengan internet. 

Kemudian meningkatkan pengkaderan, safari Ramadan dan memperkuat persaudaraan baik secara Islamiah maupun Insaniah. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru