LPTQ Kapuas Gelar Pelatihan Mantapkan Persiapan MTQ Kabupaten

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 Agustus 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an atau LPTQ Kabupaten Kapuas telah memberikan pelatihan Qiraat Sab’ah dan syarhil Qur’an untuk memantapkan persiapan peserta dalam mengikuti MTQ tingkat kabupaten bulan Oktober mendatang.

Pelatihan itu diikuti oleh 34 peserta dari seluruh kecamatan, dan ditambah beberapa peserta dari sekolah dan umum yang berada di Kota Kuala Kapuas.

Hal itu disampaikan Koordinator Panitia H Hamidhan bahwa pembinaan dan pelatihan tersebut dilaksanakan untuk mempersiapkan peserta yang potensial agar diikutkan ke MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Kapuas.

Ditambah untuk meningkatkan kompetensi yang sudah sering ikut menjadi lebih lebih bagus dan mantap lagi, juga lebih matang dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi di Buntok Barito Selatan 2020 nanti. 

“Kita datangkan pelatih yang sudah berpengalaman di bidangnya sehingga memberikan manfaat kepada peseta yang mengikuti,” ucap Hamidhan kepada wartawan, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Sementara itu, Pelatih Qiraat Sab’ah Bahrani menjelaskan bahwa pengembangan dalam ilmu ini ada bermacam-macam kaidah, sangat kompleks dan perlu pendalaman lebih. Ia mengatakan bahwa materi yang disampaikan merupakan kaidah bacaan riwayat hafsh dan qalun.

“Kita hanya akan mengulas, mengulang, dan memperaktikan yang perlu serta yang penting untuk diperhatikan dalam kaidah umum bacaan,”Ucapnya.

“Saya yakin para peserta sudah belajar ini,cuman ketika dipraktekkan lupa untuk menempatkan kaidah-kaidahnya,”Lanjut Bahrani. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru