Ini Daerah Rawan Karhutla di Kecamatan Katingan Hilir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 Agustus 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kebakaran hutan dan lahan atau Krhutla di Kabupaten Katingan sejak beberapa hari terakhir mulai terjadi. Meski lahan terbakar umumnya skala kecil, namun kebakaran lahan terutama di wilayah Kecamatan Katingan Hilir jadi perhatian.

Seperti Sabtu, 3 Agustus 2019 tim gabungan dari TNI/Polri, Tagana dan relawan melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di wilayah Kecamatan Katingan Hilir.

Patroli Karhutla ini dipimpin Danramil 1015 - 03 Kodim Sampit di Kasongan, Pelda Jainuri. Selain menyisir lahan rawan Karhutla di Jalan Soekarno-Hatta, mereka juga melakukan penyisiran di sejumlah tempat, seperti Desa Bukit Batu dan Desa Hampangen sampai perbatasan Kota Palangka Raya.

"Kita hari ini patroli Karhutla di beberapa wilayah rawan kebakaran bersama anggota Polsek Katingan Hilir, tim Tagana dan relawan," kata Pelda Jainuri.

Untuk wilayah Kecamatan Katingan Hilir, kata Pelda Jainuri sejauh ini sudah ada beberapa lahan yang terbakar.

Selain di Jalan Galunggung, kebakaran lahan sebelumnya juga terjadi di tepi Jalan Trans Kalimantan antara Desa Bukit Batu dan Hampangen serta di Jalan Soekarno-Hatta sekitar Jembatan Sungai Salak.

Sementara menurut Marjono, anggota tim Tagana Kabupaten Katingan, selain wilayah Bukit Batu menghubungkan Desa Hampangen hingga perbatasan Kota Palangka Raya, wilayah rawan Karhutla di Katingan Hilir juga berada di Jalan Soekarno-Hatta arah Pendahara. Lainnya di tepi jalan dari Kasongan arah Desa Talian Kereng. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru