Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilik Keramba Ikan di Kasongan Keluhkan Sungai Katingan Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 Agustus 2019 - 17:04 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah pemilik keramba ikan di Kasongan mengeluhkan kondisi Sungai Katingan yang sejak sebulan terakhir surut.

Pasalnya, saat kondisi sungai surut, tidak jarang ikan mati mendadak, baik yang kecil maupun yang sudah besar atau siap panen.

"Ikan di keramba kami dalam beberapa hari terakhir sudah ada beberapa yang mati, baik kecil maupun yang besar, karena kondisi air yang surut," tutur Nanang, salah seorang pemilik keramba ikan sekitar Jembatan Sei Katingan, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Ia memiliki 12 keramba ikan yang semuanya diisi ikan jenis nila. Namun seiring kondisi air sungai menyurut, tidak jarang ikan kerambanya mati.

Menurutnya, keramba yang ada kurang mendapatkan arus sungai. Sehingga sirkulasi air ke keramba tidak normal.

"Soalnya posisi keramba kami berada sedikit di tikungan, karena di depannya ada gundukan pasir sehingga keramba berada di posisi air yang tenang, hal inilah yang menyebabkan beberapa ikan  mulai mati," tuturnya.

Padahal, kata dia, keramba sebelumnya sudah ditarik agak ke tengah, namun tidak banyak perubahan. 

Menurut Nanang, jika kemarau tambah panjang, maka dikhawatirkan akan banyak lagi ikan keramba yang mati. Padahal, saat ini harga ikan sungai keramba lumayan mahal di pasaran.(ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru