Tejo Raih Juara I dalam Kontes Pembukaan Pasar Kurban

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 Agustus 2019 - 17:48 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tejo, sapi milik Winyiah (51) meraih Juara I dalam Kontes Pembukaan Pasar Korban. Sapi jenis simental ini memiliki bobot nyaris mencapai satu ton, yakni 932 Kg.

Tejo yang baru berumur tiga tahun itu memenangi kontes pembukaan pasar kurban di Halaman Pasar Sayangan, Jalan A. Yani Km 41, Desa Pandu Sanjaya, Kecamatan Pangkalan Lada, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Tejo yang memilki jenis kelamin Jjntan tersebut telah mengalahkan dua jenis sapi Limusin yang masing-masing memilki berat 682 Kg dan 666 Kg dalam kategori lomba sapi eksotis.

Tejo si sapi gemuk ternyata memikat hati Bupati Kobar Hj Nurhidayah, dan langsung memaharinya dengan harga Rp65 juta.

"Alhmdulillah bisa menang kontes dan dibeli oleh bupati, ini untuk memeriahkan acara ini dan untuk memberikan semagat rekan-rekan para peternak hewan, khususnya sapi," ujar Winyiah (51) yang merupakan warga Kelurahan Baru, Pangkalan Bun.

Menurutnya, sapi miliknya tidak ada perlakuan khusus dalam pemeliharaannya, asalkan diberi makan yang cukup dan minum yang teratur maka sapi pasti akan gemuk dan sehat.

Sapi milik Winyiah setiap pagi diberi makan rumput dan batang padi, sorenya jam 3 ia beri makan campuran ampas tahu, kulit kedelai dan juga rumput. Kemudian diberi minum dua ember dalam sehari.

"Minumnya sehari dua ember dikasih garam sama tetesin gula, kalau makannya sehari dua ikat rumput yang beratnya sekitar 65 Kg," tandasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru