Banjar Raih Penghargaan Penanggulangan Bencana

  • 12 Maret 2015 - 09:37 WIB

KOMITMEN kuat Bu­pa­ti Banjar Sultan H Khairul Saleh da­lam menanggulangi ben­­­cana dengan langkah nya­ta, menuai prestasi. Pemerintah pusat menobat­kan Badan Penanggulangan Ben­­cana Daerah (BPBD) Ka­bu­­paten Banjar binaan ketua ICMI Orwil Kalsel tersebut se­ba­gai yang terbaik di ting­kat nasional dari sisi penanggula­ng­an bencana di daerah.

Sultan H Khairul Saleh bah­kan menjadi sa­tu-satunya bu­pati yang mendapat apre­si­asi dari Presiden Joko Wi­do­do terkait komitmennya ter­hadap pa­nanggulangan ben­cana di daerah. Untuk ting­kat provinsi, pengharga­an itu diberikan kepada Gu­ber­nur Jawa Tengah Ganjar Pra­nowo.

Penghargaan yang diserahkan kepada Sultan H Khairul Sa­leh ialah Adi Tangguh, yaitu penghargaan karena pe­ngab­­di­an, dan leadership yang luar biasa terhadap pe­nang­gulangan bencana. Penghargaan itu diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kal­la pada Rapat Koordinasi Pe­nanggulangan Bencana an­tara BNPB dan BPBD Provinsi/Kabupaten/Kota Se-Indonesia di Jakarta pada Se­lasa (10/3) lalu.

Pada kesempatan itu, BPBD Ka­­bupaten Banjar juga men­da­­pat penghargaan sebagai yang ter­baik pertama nasio­nal un­tuk bidang logistik dan pe­r­alatan. “Penghargaan ini kembali mem­perkuat ci­tra Pemkab Banjar di ting­kat na­sional yang terus ber­sinar dengan prestasi membanggakan,” kata Bupa­ti Sultan H Khairul Saleh di­dampingi Kabag Humas Rah­maddin MY, Rabu (11/3).

Menurut Bupati, dirinya ter­haru dan bangga saat me­ne­rima penghargaan yang di­serahkan Wakil Presiden Ju­suf Kalla. “Bahkan secara khu­­sus Wapres Jusuf Kalla me­­nilai sosok bupati memili­ki visioner dan leadership yang baik, yang mampu mem­be­rikan kontribusi terbaik di bi­dang penanggulangan soal ke­bencanaan. Indonesia yang me­miliki kondisi geografis yang rentan terhadap benca­na harus memiliki SKPD yang lang­sung menangani mitigasi ben­cana,” ujarnya.

Khairul menuturkan, da­lam pidatonya Wakil Presi­den berharap seluruh daerah sia­ga dan bergerak cepat da­lam menanggulangi bencana. Ter­kait hal ini, maka peran BPBD semakin strategis.

“BPBD seluruh Indonesia di­minta juga agar selalu was­pa­da dan tetap aktif turun ke lapangan memantau kondi­si masyarakat pascabanjir. Kita ha­rus memberikan pelayan­an terbaik kepada masyarakat,” ucap Bupati menirukan pesan Wapres. (KS06/B-3)

Berita Terbaru