BUMD Harus Dikelola Secara Profesional untuk Bantu Pendapatan Daerah

  • Oleh Naco
  • 04 Agustus 2019 - 14:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, HM Jhon Krisli menegaskan jajaran direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dibentuk Pemkab Kotim, agar dikelola secara profesional.

"Saya meminta agar keberadaan BUMD itu membawa dampak yang baik untuk daerah," kata Jhon, Minggu, 4 Agustus 2019..

Jhon masih menyuarakan keraguan pada jajaran di BUMD yang baru dilantik itu. Dia mengaku tidak melihat orang-orang profesional dilibatkan oleh pemerintah daerah.

"Keinginan saya BUMD ini diisi oleh orang betul mahir dan mampu bekerja di sektor itu secara profesoonal,“ tegas Jhon.

Jhon Krisli mengatakan peran BUMD Kotim bisa menjadi tulang punggung untuk menarik pendapatan asli daerah (PAD) Kotim. Jangan sampai sebaliknya.

Dia menambahkan, semangat dibentuknya BUMD untuk mencari uang untuk daerah, bukan malah daerah yang menyuntik dana penyertaan modal sepanjang tahun. Namun feedbacknya kepada daerah justru nihil.

Dia juga menyarankan, sektor yang bisa digarap BUMD ini  yakni urusan kepelabuhanan dengan optimalisasi dari Dermaga Pelangsian, angkutan CPO dari seluruh perkebunan, pembangunan pabrik kelapa sawit non kebun,  pembangunan pabrik karet rotan untuk menyerap hasil petani. Kemudian  BUMD bisa bergerak di sektor usaha jasa kontruksi.

“Saya yakin kalau dikelola dengan benar pendapatan kita yang masih Rp 245 miliar itu bisa jadi berlipat ganda," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru