Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbaikan Drainase di Sampit Harus Kembalikan Fungsi Trotoar

  • Oleh Naco
  • 04 Agustus 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perbaikan drainase di Sampit diharapkan tidak menghilangkan fungsi trotoar. Paling tidak, proyek Pemkab Kotim itu bisa memberikan efek baik kepada pembenahan trotoar. 

Anggota Komisi IV DPRD Kotim, Darmawati, mengharapkan trotoar yang saat ini dibenahi sebagai penutup drainase, bisa dikembalikan ke fungsi awal sebagai tempat untuk pejalan kaki.

Darmawati mengatakan, selama ini fungsi dari drainase cenderung beralih. Kebanyakan jadi lahan berjualan dan parkir, akibatnya menganggu hak pengguna pejalan kaki. 

“Saya sejak awal memang keras meminta kepada pemerintah daerah untuk mengembalikan fungsi awal trotoar kita," kata Darmawati, Minggu, 4 Agustus, 2019.

Menurut dia, Pemkab mesti mengembalikan budaya itu. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menertibkan segala bentuk kegiatan di atas trotoar.

Darmawati menyebutkan paling tidak jalan di MT Haryono dan Jalan Ahmad Yani yang harus diprioritaskan. Tidak ada lagi yang berjualan di atas trotoar.  

"Untuk pengembalian fungsi dan penertiban nantinya, perlu peran semua pihak. Baik itu Dinas Perhubungan, Dinas Permukiman, dan Satpol PP," tegasnya.

Proyek drainase itu akan selesai di tahun 2020. Artinya tahun depan trotoar itu bisa dilanjutkan penataanya dengan baik. Sebab, kota yang baik untuk pengunjungnya, yakni yang tidak mengabaikan trotoar bagi pejalan kaki.(NACO/B-11)

Berita Terbaru