Sekda Kalteng Hadiri Rakor Penanganan Darurat Bencana Karhutla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 04 Agustus 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri mengikuti rapat koordinasi penanganan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di VIP Room Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Minggu, 4 Agustus 2019.

Rakor tersebut dihadiri langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, Danrem 102/Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada kesempatan itu, sekda mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengucapkan terimakasih atas dukungan BNPB yang telah membantu enam helikopter water bombing dan satu helikopter patroli.

Sekda menuturkan, bahaya terjadinya kebakaran hutan dan lahan di 2019 lebih tinggi dibanding 2016, 2017 dan 2018. Alasannya karena musim kemarau tahun ini lebih kering plus fenomena elnino melemah.

"Tetapi saya percaya, dengan sinergisitas kita semua, pemerintah, lembaga usaha, masyarakat, akademisi dan media mampu mewujudkan komitmen bersama Kalteng bebas kabut asap 2019," tegasnya.

Dia menambahkan, strategi yang diterapkan BNPB sudah tepat. Yakni menitikberatkan pada upaya pencegahan dan kesiapsiagaan dengan menempatkan personel secara langsung di desa atau kelurahan rawan karhutla. (BUDI YULIANTO/B-11/ADV)

Berita Terbaru