Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musikalisasi Puisi Ciptakan Rasa Keindahan pada Penikmatnya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Agustus 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Balai Bahasa Kalimantan Tengah pada 31 Juli hingga 1 Agustus 2019 tadi, menggelar Festival Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA/SMK tingkat Provinsi.

Apresiasi sastra melalui musikalisasi puisi dianggap dapat menciptakan rasa keindahan dan kesenangan kepada penikmatnya.

"Festival yang bertema Melalui Festival Musikalisasi Puisi Kita Tingkatkan Dinamika Pemuda dalam Memantapkan Eksistensi Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Milenial itu kita laksanakan di aula Balai Kalimantan Tengah, Jalan Tingang, Km 3,5, Palangka Raya," kata Kepala Balai Bahasa Kalteng I Wayan Tama kepada Borneonews, Minggu, 4 Agustus 2019.

Menurut Wayan Tama, kegiatan itu merupakan upaya Balai Bahasa untuk meningkatkan apresiasi sastra di kalangan generasi milenial.

"Musikalisasi puisi ini mampu meresapkan penghayatan terhadap nilai-nilai kehidupan yang turut menguatkan karakter bangsa," katanya.

Sungguh, lanjutnya, di dalam karya sastra banyak nilai yang dapat menumbuhkan sikap positif untuk dunia pendidikan, bahasa, dan pelestarian kebudayaan bagi generasi muda dan generasi bangsa yang penuh keberagaman.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, belasan tim telah berpartisipasi dan unjuk penampilan.

Mereka dengan segala kreativitas telah tampil membawakan puisi wajib karya W S Rendra yang berjudul Kupanggil Namamu dan salah satu puisi pilihan, seperti Lagu dalam Hujan karya Abdul Hadi W M, Kutacane karya L K Ara, dan Tak Ada yang Mencintaimu Setulus Kematian karya Aslan Abidin. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru