Dinas PUPR-PKP Kapuas Siapkan Anggarkan Design Engineering Detail Jembatan Indah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 Agustus 2019 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas PUPR-PKP Kabupaten Kapuas akan menganggarkan dana untuk membuat design engineering detail atau DED pembangunan Jembatan Indah Ujung Murung.

Anggaran untuk pembuatan DED atau desain perencanaan pembangunan jembatan tersebut diperkirakan mencapai Rp 2,4 Miliar.

Rencananya, Jembatan Indah akan melintang di Kota Kuala Kapuas yang menghubungkan Ujung Murung dengan Kecamatan Kapuas Hilir.

Jembatan yang menyeberangi Sungai Kapuas itu dibangun dengan tujuan mempersingkat waktu tempuh masyarakat saat berpergian, khususnya menuju Kota Kuala Kapuas. Karena tidak perlu lagi harus memutar melewati Jembatan Pulau Petak. 

Jembatan itu digadang-gadang akan menjadi tempat wisata dan ikon atau landmark Kuala Kapuas.

Desain jembatan direncanakan tidak sama dengan Jembatan Pulau Petak yang juga membelah Sungai Kapuas Murung.

Rencana awal, Indah Ujung Murung nantinya hanya boleh dilewati pejalan kaki, kendaraan roda dua, dan kendaraan roda empat atau mobil pribadi.

Plt Kepala Dinas PUPR-PKP Kabupaten Kapuas Teras mengatakan, dilakukannya DED untuk mengetahui berapa besaran dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan tersebut.

“Pertama kita desain detail ini dulu untuk mengetahui berapa sesungguhnya besaran dananya. Tapi kita perkirakan dananya itu di atas Rp 200 miliar,” ujar Teras, Minggu, 4 Agustus 2019.

Sebelumnya, dia mengatakan untuk kepastian dimulainya pembangunan jembatan tersebut belum bisa ditetapkan. Yang pasti, Pemkab Kapuas menginginkan jembatan itu bisa secepatnya direalisasikan. 

Berita Terbaru