Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wacana Pemekaran Provinsi Kalteng kembali Digaungkan setelah Mandek 13 Tahun

  • Oleh Naco
  • 05 Agustus 2019 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Rencana pembentukan provinsi baru atau pemekaran di Kalimantan Tengah kembali digaungkan setelah mandek selama 13 tahun.

Itu ditegaskan oleh anggota tim Formatur Presedium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin Sudarsono, Senin, 5 Agustus 2019.

Menurut Sudarsono, musyawarah kerja dan pengukuhan tim formatur dilakukan pada prinsipnya melanjutkan kerja Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kotawaringin (BP3K) terdahulu.

Hanya, kini namanya berubah menjadi Presedium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin (DP2K).

"Kita juga sepakati namanya tidak lagi Kotawaringin Raya, namun Kotawaringin saja. BP3K juga diubah jadi Presedium DP2K,"  kata mantan Bupati Seruyan ini.

Adanya pengukuhan, kata dia, melalui kesepakatan tim formatur pada rapat terakhir di Kota Pangakalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, yang dihadiri perwakilan bupati 5 kabupaten dan sejumlah tokoh di Kalteng, di antaranya H Abdul Rasyid AS.

Dalam Presedium DP2K, lanjut dia, akan melibatkan semua pihak agar bisa menyelesaikan proses pemekaran. Karena saat ini soal pemekaran sudah jauh tertinggal dengan provinsi lain yang memprogramkan hal yang sama.

"Perjalanan kita ini memang melelahkan dan kita sudah dapatkan legitimasi kajian akademik dari ITB dan UGM. Secara kajian akademik sudah penuhi syarat," tegasnya.

Maka dari itu, saat ini bukan lagi berkutat pada kajian akademik mengingat saat ini segela persiapan sudah berjalan hingga menuju muara.

"Karena itu, setelah dokumen kita selesailan, kita maju ke gubernur dan agar segera dibawa ke pemerintah pusat," ucapnya. (NACO/B-3)

Berita Terbaru