Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabut Asap Sebabkan Jarak Pandang di Sampit hanya 100 Meter

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Agustus 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang terus terjadi dalam beberapa pekan terakhir, menyebabkan kabut asap yang menyelimuti Kota Sampit semakin tebal.

Bahkan, Senin, 5 Agustus 2019 pagi, kabut asap sangat pekat hingga membuat jarak pandang hanya sekitar 100 meter. 

"Jarak pandang pagi ini tembus 100 meter," ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, Nur Setiawan. 

Kabut asap tersebut muncul sekitar pukul 04.00 WIB dan terus pekat hingga pukul 06.0. Bahkan baru berangsur hilang sekitar pukul 08.30.

Munculnya kabut asap cukup mengganggu pernapasan. Karena baunya sangat menyengat. Sehingga mengharuskan masyarakat menggunakan masker saat bepergian atau keluar ruangan.

"Saat keluar rumah, masyarakat harus menggunakan masker. Terutama di pagi hari agar terhindar dari penyakit gangguan pernapasan," kata Setiawan. 

Selain pernapasan, kabut asap juga membuat pandangan pengendara terganggu. Sehingga mengharuskan para pengendara menghidupkan lampu kendaraan demi menghindari hal yang tidak diinginkan seperti tabrakan dan kecelakaan lalu lintas. 

Sedangkan untuk kualitas udara, peralatan dari BMKG masih dalam perbaikan. Sehingga belun bisa digunakan. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru