Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pasuruan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Dinas Pertanian Kapuas Sosialisasikan Penanganan Hewan Kurban 

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Agustus 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menyosialisasikan penanganan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

Sosialisasi berlangsung di Aula Hotel Permata Inn, Kota Kuala Kapuas, Senin, 5 Juli 2019.

Kasi Kesmavet P2HP Bidang Peternakan Tati Inderawati mengatakan, tujuan kegiatan itu adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, khususnya panitia yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

"Baik itu mengenai tata cara penyembelihan yang halal, mengenai penanganan hewan sejak ternak hidup sampai disembelih dan didistribusikan dagingnya," ujarTiti.

Lebih lanjut, ia mengatakan melalui kegiatan itu diharapkan dapat terpenuhi persyaratan teknis hewan kurban dan mengurangi atau mengantisipasi adanya penularan penyakit hewan ke manusia atau disebut dengan zonosis. 

"Jadi salah satu tujuan sosialisasi ini adalah mempermudah kami memperoleh data sehingga pada saatnya nanti ada tim terpadu yang turun," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan melaksanakan pemeriksaan hewan sebelum disembelih atau antemortem yang dilakukan sehari sebelum hari H. 

"Untuk tahun ini kan, hari raya tanggal 11 Agustus, Minggu. Sehingga tim turun mulai Sabtu, 10 Agustus hingga pada hari H dan hari kedua Idul Adha," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru