Satgas Karhutla Polres Kotawaringin Timur Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Agustus 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tim Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Polres Kotawaringin Timur (Kotim), terus berjibaku untuk memadamkan kebakaran lahan yang terjadi.

Seperti pada Senin, 5 Agustus 2019, kepolisian bersama Satgas Karhutla Kotim melakukan pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di Jalan HM Arsyad, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. 

"Tadi kami langsung mengecek ke lokasi kebakaran, untuk memastikan pemadaman yang dilakukan anggota. Agar kebakaran tidak meluas," kata Kabag Ops Polres Kotim, AKP Boni Ariefianto mewakili Kapolres AKBP Mohammad Rommel.

Kepolisian saat ini berjibaku untuk memadamkan kebakaran lahan. Sejumlah mobil pemadam dari BPBD langsung datang ke lokasi.

"Tindakan kami bukan hanya memadamkan. Tapi kami juga melakukan penyelidikan di setiap kebakaran lahan. Agar dapat diketahui apakah sengaja, lalai, atau faktor lainnya," kata Boni. 

Selain hal tersebut, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar lahan. Baik itu untuk kepentingan pribadi, seperti membuka lahan bertani ataupun lainnya. 

Pasalnya, dampak dari kebakaran lahan tersebut bisa berujung pada kabut asap. Yang tentunya mengganggu kesehatan masyarakat di daerah ini, serta sektor lainnya.. 

"Kabut asap tidak hanya berdampak bagi kesehatan, namun juga sektor transportasi hingga perekonomian," terang Boni. 

Pihaknya juga tidak akan segan menindak pelaku pembakar lahan jika ditemukan. Hal itu dilakukan guna memberikan efek jera dan penegakkan aturan hukum. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru