Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan di Adonis Samad sudah 10 Kali Terbakar

  • 05 Agustus 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kebakaran lahan yang terjadi di Jalan Adonis Samad, Kota Palangka Raya, ternyata bukan kali pertama terjadi. Setidaknya, tercatat sudah 10 kali lahan yang dekat dengan permukiman warga tersebut terbakar.

Komandan Regu (Danru) Puslab I Dedi Kusnadi mengatakan, kebakaran lahan yang diduga sengaja dilakukan orang tidak bertanggung jawab tersebut sudah terjadi sejak Juli hingga Agustus 2019.

“Sejak awal kebakaran yang terjadi di Jalan Adonis Samad ini memang saya bersama tim yang menangani. Terhitung sejak Juli sudah 10 kali lahan di sini terbakar,” ujar Dedi Kusnadi, Senin, 5 Agustus 2019.

Ia menambahkan, pada awalnya lahan yang terbakar di wilayah tersebut tidak lebih dari 0,5 hektare. Namun, kini luas wilayah yang terbakar sudah lebih dari 1 hektare, bahkan semakin mendekati permukiman warga.

Dedi mengakui bahwa seringnya lahan tersebut dilalap api akibat kondisinya yang bergambut cukup tebal. Sehingga meski terlihat nyala api di permukaan telah padam, namun bara yang berada di dalam gambut masih menyala.

“Kemungkinan karena gambutnya. Jadi meski kami siram di atas, tapi di bawah masih terbakar. Jadi untuk pemadaman gambut ini sedikit sulit diprediksi,” pungkasnya. (AGUS/B-3)

Berita Terbaru