22 Desa Seluruh Kecamatan Lahei dan Lahei Barat Ikuti Bursa Inovasi Desa Cluster IV Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 05 Agustus 2019 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Sedikitnya 22 kepala desa (Kades) dan Ketua Badan Permusyawatan Desa (BPD) di Kecamatan Lahei dan Kecamatan Lahei Barat ikut berpartisipasi dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa Cluster IV yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Barito Utara.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Lahei, Rusihan, Senin 5 Agustus 2019 mengatakan maksud dari pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif dan alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

"Kegiatan yang akan dipamerkan dalam yakni kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa dan bukan dalam bentuk barang, tetapi dalam bentuk ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa," paparnya.

Tujuan kegiatan ini adalah mendiseminasikan informasi pokok terkait program inovasi desa secara umum, serta program pengetahuan dan inovasi desa secara khusus. 

Lalu memperkenalkan inisiatif dan inovasi masyarakat yang berkembang di desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.

"Selain itu membagi kegiatan inovasi yang telah didokumentasikan dalam bentuk video maupun tulisan, membangun komitmen replikasi, menjaring inovasi yang belum terdokumentasi, membagi informasi penyedia peningkatan kapasitas teknis desa atau P2KTD," ungkapnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru