Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Kahayan Hilir: Kelurahan dan Desa Berpotensi Rawan Karhutla Harus Saling Mendukung

  • Oleh James Donny
  • 05 Agustus 2019 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Camat Kahayan Hilir, Sugondo mengharapkan kelurahan dan desa yang ada potensi rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) untuk saling mendukung dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan. 

"Kita mengharapkan ada koordinasi dengan Poslap, kemudian koordinasi desa dan kecamatan,  terutama desa dan kelurahan yang ada potensi Karhutlanya untuk saling mendukung," katanya, Senin,  5 Agustus 2019.

Sugondo mengatakan di Kecamatan Kahayan Hilir ada 3 desa/kelurahan yang rawan Karhutla, yakni Desa Buntoi, Kelurahan Kalawa dan Desa Gohong. Setiap wilayah telah didukung dengan peralatan untuk menangani Karhutla.  

"Harapan kita desa dan kelurahan ini bisa saling koordinasi dan saling mendukung, misalnya suatu waktu terjadi karhutla di Desa Buntoi, dan di sana ada 25 unit alat. Jika kurang bisa pinjam dan koordinasi dengan Kelurahan Kalawa, dan kalau masih kurang bisa pinjam lagi dengan Desa Gohong," katanya. 

Untuk penanganan Karhutla kata Camat, Poslap Kahayan Hilir siap membantu MPA atau Masyarakat Peduli Api yang ada di kelurahan dan desa. "Kalau Poslap kecamatan kewalahan ada Poslap Kabupaten siap bantu," tambahnya. 

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan patroli di beberapa tempat yang rawan Karhutla. 

"Demikian juga di Desa Buntoi ada sedikit titik api dan dengan adanya koordanisi yang cepat antara pihak Poslap dan Desa,  itu bisa teratasi dengan baik," ujarnya. (JAMES DONNY/B-6) 

Berita Terbaru