Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembentukan Provinsi Kotawaringin Murni Perjuangan Masyarakat

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 05 Agustus 2019 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Musyawarah Kerja atau Musker dan Pengukuhan Presidium DP2K yang berlangsung di Kota Sampit, Kotawaringin Timur, Senin, 5 Agustus 2019 merupakan progres positif dalam mewujudkan cita-cita murni masyarakat Kotawaringin.

Ketua Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin atau DP2K kabupaten Lamandau, H Tommy Hermal Ibrahim, menilai, proses dan tahapan yang ditempuh dalam mewujudkan berdirinya provinsi baru di wilayah barat Kalimantan Tengah itu bukan merupakan perjuangan individu-individu atau kelompok, tapi perjuangan masyarakat Kotawaringin secara keseluruhan.

"Perlu diketahui, kita yang hadir di sini (Sampit) adalah pihak yang secara resmi mewakili masyarakat dari masing-masing daerah. Artinya, apapun yang kita suarakan dan kita perjuangkan ini adalah suara masyarakat itu sendiri," kata Tommy.

Menyikapi adanya potensi cibiran hingga tudingan bahwa menghangatnya kembali pembahasan pembentukan provinsi Kotawaringin terkesan politis karena menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur atau Pilgub Kalteng tahun 2020 mendatang, Tommy memastikan bahwa presidium DP2K tidak akan ambil pusing dengan hal tersebut.

Presidium akan menganggap kesan-kesan yang seperti itu sebagai bagian dari angin lalu yang biasa saja dalam sebuah perjuangan.

"Jika ada yang berpikir seperti itu, ya tidak apa-apa, silakan saja. Hal biasa itu. Kita anggap angin lalu saja. Faktanya kita on the track, dan yang pasti tidak akan terpengaruh. Jangankan untuk tujuan besar seperti ini, untuk hal-hal yang kecil saja pasti ada tantangan, kita anggap biasa aja lah," ujar Tommy.

Contoh saja, sebutnya lagi, dulu ketika Lamandau masih bagian dari Kotawaringin Barat dan saat berjuang untuk menjadi Kabupaten sendiri, banyak juga pihak-pihak yang mencibir hingga menilai tidak mungkin. Tapi karena tekad kita kuat, masyarakat kita kompak, akhirnya apa yang dianggap tidak mungkin pun menjadi mungkin.

Tommy Hermal Ibrahim yang juga merupakan Ketua DPRD Lamandau itu juga menegaskan, membentuk provinsi baru yang terus diperjuangkan oleh lima daerah yakni Kotawaingin Timur, Kotawaringin Barat, Lamandau, Seruyan dan Sukamara, adalah perjalanan panjang.

Perjalanan panjang itu, kata Tommy, kini sudah mencapai titik terang dimana Gubernur Kalteng saat ini H Sugianto Sabran, telah mendukung penuh hingga berpartisipasi aktif.

"Gubernur juga sudah melakukan berbagai upaya positif yang salahsatu bentuknya adalah menjalin komunikasi intensif dengan pemerintah pusat dan hasilnya sangat baik," tukas dia. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru