Angka Penderita ISPA di 2019 Cukup Tinggi

  • Oleh Agus Priyono
  • 06 Agustus 2019 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya sepanjang 2019 ini cukup tinggi.

Wakil Direktur RSUD Doris Sylvanus, Theodorus S. Atmadja mengatakan, jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan provinsi tersebut mencapai ratusan. Pasien tersebut mulai dari balita hingga lansia.

"Dari data terakhir yang kami rangkum, jumlah pasien ISPA di RS sejak Januari hingga Juli kemarin sudah 284 pasien," ujar Theo, Selasa, 6 Agustus 2019.

Ia menjelaskan, dari 284 pasien tersebut, sebanyak 176 pasien merupakan pasien rawat jalan. Sedangkan sisanya yakni 108 pasien adalah pasien rawat inap.

Theo menegaskan, data yang dihimpun oleh RSUD Doris Sylvanus bukan merupakan data penderita ISPA se-Kalimantan Tengah, melainkan hanya jumlah yang dirawat di RSUD Doris saja.

"Sekarang sudah ada aturan rujukan berjenjang, dan RS Doris adalah rujukan provinsi. jadi pasien yang masuk adalah pasien dari RS kelas B yang kondisinya sudah sudah cukup parah. Sehingga angka yang ada di Doris ini tidak mencerminkan jumlah penderita ISPA se-Kalteng," tegasnya. (AGUS/B-2).


TAGS:

Berita Terbaru