Dua Warga Terlibat Perkelahian Akhirnya Berdamai di Polsek Katingan Hilir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 Agustus 2019 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jajaran Polsek Katingan Hilir mendamaikan dua warga yang sebelumnya terlibat perkelahian.

Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting melalui Kapolsek Katingan Hilir, Iptu Nurheriyanto Hidayat, Selasa, 6 Agustus 2019 mengatakan, dua warga Kasongan Kecamatan Katingan Hilir yang terlibat perkelahian itu yakni PI dan HY.

"Terjadi salah paham antara PI dan  HY sehingga menyebabkan perkelahian yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus kemarin," ujar Kapolsek.

Menurutnya, sebelum menimbulkan permasalahan yang lebih besar, Polsek Katingan Hilir mempertemukan kedua belah pihak yang berseteru untuk bermusyawarah.

"Keduanya sempat dibawa ke Mako Polsek Katingan Hilir untuk menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan dengan melakukan musyawarah," kata Kapolsek. 

Aipda Asep Supriadi anggota Polsek Katingan Hilir menjadi penengah di antara PI dan HY pada saat dilakukannya musyawarah. Titik tengah permasalahan akhirnya ditemukan melalui surat perjanjian damai atau pernyataan. Kedua belah pun sepakat untuk menyetujui poin poin dalam surat perjanjian. 

Dalam surat perjanjian kedua belah pihak sepakat menyelesaikan permasalahannya secara kekeluargaan, saling memaafkan, tidak akan dendam di kemudian hari dan berjanji untuk tidak melanggar perjanjian yang telah disepakati. 

Kapolsek Katingan Hilir Iptu Nurheriyanto Hidayat mengatakan, penyelesaian masalah secara kekeluargaan tanpa melalui jalur hukum adalah kegiatan yang wajar dan hal pertama yang dapat dilakukan oleh anggota Polri.

''Iya kemarin permasalahan bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan maka laksanakan, asalkan kedua belah pihak setuju dan tidak ada pihak yang dirugikan," imbuh Kapolsek. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru