RSUD Doris Sylvanus Siap Tangani Pasien ISPA

  • Oleh Agus Priyono
  • 06 Agustus 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - RSUD Doris mengaku siap menangani pasien yang mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kabut asap dampak dari maraknya pembakaran lahan.

Wakil Direktur RSUD Doris Sylvanus, Theodorus S. Atmadja mengatakan, pihak RSUD Doris Sylvanus sudah mempersiapkan penanganan ISPA tersebut, baik dari segi SDM maupun fasilitas lainnya.

Kesiapan SDM yang dilakukan RSUD Doris Sylvanus berupa kesiapan dari tim dokter mulai dari dokter spesialis anak, penyakit dalam, dan juga paru. Kemudian dari fasilitas berupa ruangan dan juga ketersediaan obat-obatan.

"Para dokter di RSUD Doris sudah siap. Kemudian untuk ketersediaan obat, rumah sakit juga masih mampu," ujar Theo, Selasa, 6 Agustus 2019.

Ia menambahkan, pada 2019 ini, penderita ISPA yang mejalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus sudah mencapai 284 pasien baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. 

"Kami lihat ada peningkatan, untuk bulan Juni pasien yang dirawat itu ada 25 pasien, sedangkan di bulan Juli sudah 44 pasien," pungkasnya. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru