Segera Berobat Bila Mengalami Gejala ISPA, Jangan Tunggu Parah

  • Oleh Agus Priyono
  • 06 Agustus 2019 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, Theodorus S Atmadja mengimbau masyarakat segera berobat jika sudah ada anggota keluarganya yang mengalami gejala Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Gejala ISPA bisa ditandai dengan bernapas terlalu cepat atau kesulitan bernapas, nyeri tenggorokan, batuk kering tanpa dahak yang dihasilkan dari paru-paru, atau bisa karena tubuh yang mengalami demam yang diiringi dengan sesak napas.

Theo mengatakan, sebagian besar pasien yang menjalani perawatan karena ISPA di RSUD Doris Sylvanus adalah mereka yang masih berusia balita dan juga lansia.

"Kebanyakan yang terserang ISPA ini adalah balita dan lansia, jika sudah terlihat gejala segera berobat. Jangan sampai menunggu parah dulu baru berobat," ujar Theo, Selasa, 6 Agustus 2019.

Selain itu, untuk mencegah masyarakat terkena ISPA, Theo mengimbau agar masyarakat mulai mengurangi aktivitas di luar ruangan apabila kondisi udara sedang buruk. Perbanyak konsumsi cairan seperti air mineral serta perbanyak minum suplemen dan multivitamin.

"Sebaiknya dilakukan pencegahan. Kalaupun harus beraktivitas di luar ruangan gunakan masker supaya tubuh tidak terlalu banyak terkontaminasi udara yang kurang sehat," tandasnya. (AGUS/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru