Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dana Habis, Air PDAM ke Lapas Kelas IIB Muara Teweh Terancam Diputus

  • Oleh Ramadani
  • 06 Agustus 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kabar kurang mengenakan berhembus dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Teweh.

Pasalnya ada kemungkinan pasokan air PDAM terputus karena dana untuk membayar air sudah habis.

Kalapas Muara Teweh, Sarwito, Selsa 6 Agustus 2019 menerangkan, selama ini anggaran untuk kebutuhan air hanya Rp 2,4 juta setahun.

Anggaran ini hanya cukup untuk bayar beban PDAM. Tapi sejak pipa air untuk masukan ke LP diperbesar sesuai kebutuhan penghuninya yang kini berjumlah 316 orang, maka jumlah pembayaran langsung naik signifikan mencapai Rp 8 juta sampai Rp 9 juta per bulan.

“Sampai Juni anggaran dari pusat sudah habis dan untuk Juli, Agustus tunggakan ke PDAM sekitar Rp 15 juta dan bisa dibayangkan tunggakan kalau sampai Desember, tentu akan terus bertambah sedangkan pihak Lapas tidak ada dana membayar,” terangnya.

Dia menginginkan adanya campur tangan pemerintah daerah. Misalnya pihak Lapas hanya bayar beban PDAM saja seperti dulu atau tetap bayar, namun tagihannya ke pemerintah daerah.

Pihaknya sudah berupaya membuat penampungan air hujan, namun tentunya tidak efektif, apalagi sekarang jarang sekali hujan sehingga kebutuhan air penghuni hotel prodeo total dari PDAM.

Harapannya pemerintah daerah bisa membantu Lapas Muara Teweh untuk mengatasi masalah ini, karena masalah air mandi dan untuk kebutuhan lainnya sangat sensitif bagi keamanan. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru