Aplikasi Pilkada Serentak

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabut Asap di Sampit kian Pekat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Agustus 2019 - 06:08 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabut asap di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Senin pagi ini, 7 Agustus 2019 kiat pekat. Bahkan sangat mengganggu pandangan bagi masyarakat yang beraktivitas pagi hari.

Kabut pekat karena embun bercampur dengan asap kebakaran lahan yang terjadi di Kotim dalam beberapa pekan terakhir. Sehingga memicu tebalnya kabut pada pagi ini.

Keadaan tersebut mengharuskan masyarakat yang beraktivitas di luar menggunakan masker. Karena kondisi bau asap cukup menyengat. Bahkan hingga masuk ke dalam rumah sebagian warga di Sampit ini.

"Bau asapnya masuk hingga ke dalam rumah, bahkan cukup menyengat," ujar Qhomariah, salah seorang warga di Jalan Kembali, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Rabu, 7 Agustus 2019.

Bau tidak sedap akibat kabut asap tersebut muncul sejak malam hari. Sehingga sangat mengganggu pernafasan masyarakat di daerah ini terutama bagi anak-anak ssngat membahayakan. Sehingga beberapa warga, menunda keberangkatan sekolah anaknya, karena khawatir terserang penyakit gangguan pernafasan.

Kabut asap juga memaksa kendaraan yang melintas di jalan menyalakan lampu pada pagi ini. Hal ini dilakukan guna menambah jarak pandang menghindari kecelakaan lalu lintas.

Sementara, kabut asap pekat sendiri terjadi akibat kebakaran lahan yang melanda sejumlah wilayah di Kotim ini. Bahkan hingga kemaren, pemadaman masih terus berlangsung. Baik melalui jalur darat maupun jalur udara. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru