Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Adat Dayak Kotawaringin Barat Gelar Ritual Syukuran Pemilu Berlangsung Aman

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Agustus 2019 - 11:04 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai ungkapan rasa syukur karena diberi kemanan selama pemilu 2019, Dewan Adat Dayak atau DAD Kotawarangin Barat bersama tokoh tetua majelis Adat Dayak Tomu akan melaksanakan kegiatan Ritual Adat Balas Niat Pehobang Laman Natai Suka, di Jalan Natai Arahan, Pehobang Laman Natai Suka, Rabu, 7 Agustus 2019.

Ketua Panitia Acara Wendi Soewarno mengungkapkan, maksud dari upacara adat Sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas penyertaan rahmat yang diberikan pada saat pemilu 2019 kondisi kabupaten Kotawaringin Barat, tetap damai, aman dan kondusif.

"Sebagai orang Dayak yang beradat tentunya kita wajib mensyukuri karena selama pemilu Kobar dalam keadaan kondusif," uncapnya, Rabu, 7 Agustus 2019.

Ia menambahkan, upacara adat ini nantinya akan dilaksanakan secara rutin, agar tradisi ritual adat dayak balas niat pehobang laman natai suka tetap lestari.

Selai itu juga, dalam upacara adat ini tidak membedakan ras, suku agama dan budaya, semua sama, yang terpenting ialah bagaimana menjaga kerukunan. 

"Sebenarnya adat ini sudah dilaksanakan pada 2001 lalu, dan ini akan diadakan rutin," ungkapnya.

Dengan penuh semangat menuju DAD yang modern dan mandiri dengan spirit kearifan lokal dalam bingkai NKRI. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru