Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

15 Pengusaha Sapi di Palangka Raya Siap Sediakan Hewan Kurban

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Agustus 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Setidaknya ada 15 pengusaha sapi di Kota Palangka Raya yang siap melayani penjualan hewan kurban 

Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian atau DKPP Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono mengatakan, Kota Palangka Raya memiliki 15 pengusaha sapi yang melayani penjualan hewan kurban untuk Idul Adha dan terus pantau oleh DKPP.

"Setidaknya 15 titik sentra penjualan sapi di Palangka Raya ini. Ada yang di dalam kota, ada juga yang di kawasan pinggiran kota seperti di kawasan Kecamatan Sabangau dan Bukit Batu," kata drh Eko kepada Borneonews pada Rabu, 7 Agustus 2019.

Kelima belas pengusaha sapi ini menurutnya, telah didatangi DKPP untuk pemeriksaan kesehatan hewan yang akan dijual untuk kurban.

"Sejak H-14 Idul Adha kita telah melakukan empat kali pengecekan kesehatan hewan kurban dan akan terus kami pantau hingga hari raya nanti," tuturnya lagi.

Drh Eko menjelaskan, ada beberapa indikator yang harus terpenuhi untuk memastikan hewan kurban sehat dan layak menjadi hewan yang dikurbankan.

"Indikator utama yang perlu diperhatikan ialah penampilan fisik sapi atau kambing kurban dari luar yang tidak boleh ada cacat bawaan. Dari sisi penampilan, bulu sapi yang baik terlihat bersih dan tidak kusam. Tanpa ada cacat fisik seperti testis hanya satu, tanduk patah, ataupun kaki ekor maupun organ lainnya," jelasnya.

Tetapi jika misalnya ada luka sedikit di bagian telinga kerena pemberian tanda sebelumnya hal itu menurut drh Eko tidak menjadi masalah. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru