Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minat Masyarakat dan UKM Pulang Pisau untuk Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Masih Rendah

  • Oleh James Donny
  • 07 Agustus 2019 - 17:12 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau, M Syaripul Pasaribu mengatakan minat masyarakat dan UKM terhadap pemanfaatan Teknologi Tepat Guna atau TTG masih rendah. 

Hal ini disampaikan saat membuka Lomba Cipta Karya dan Inovasi Teknologi Tepat Guna ke 5 Kabupaten Pulang Pisau, Rabu, 7 Agustus 2019.

Rendahnya minat masyarakat dan UKM terhadap pemanfaatan TTG ini mengakibatkan produktifitas rendah yang juga berakibat daya saing rendah.

"Untuk itu diperlukan adanya pemasyarakatan, penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitarnya," katanya. 

Syaripul mengatakan teknologi tepat guna memiliki peran penting dalam pembangunan masyarakat di pedesaan dan perkotaan.

"TTG merupakan teknologi yang ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tidak menggunakan biaya tinggi karena menggunakan bahan-bahan lokal (local content)," terangnya. 

Lomba karya cipta dan inovasi TTG ini untuk menggali potensi teknologi tepat guna di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang dilaksanakan DPMD Pulang Pisau melalui Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat dan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna. 

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memasyarakatkan TTG secara luas di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dengan cara melatih pemuda, pelajar, mahasiswa, kelompok Posyantek dan masyarakat pemerhati TTG," katanya. (JAMES DONNY/B-6) 

Berita Terbaru