SSMS Adakan Program Pembinaan Sertifikasi RSPO kepada Petani Sawit Mandiri

  • Oleh Rokim
  • 07 Agustus 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk  atau SSMS menyelenggarakan program pembinaan sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil atau RSPO.

Program ini untuk para petani mandiri kelapa sawit di sekitar perusahaan. Kegiatan pembinaan ini merupakan salah satu program SSMS dalam rangka membina dan meningkatkan kualitas petani kelapa sawit sekitar kebun dan pabrik SSMS.

"Tujuan dilakukannya pembinaan ini untuk meningkatkan kualitas dan produksi TBS petani yang masuk ke pabrik SSMS. Selain itu untuk membangun kemitraan dengan petani dan suplaier kelapa sawit," kata Rudy Hendrarto, Plt Head Sustainability SSMS, Rabu (7/8/2019).

SSMS menargetkan 1.000 hektare lahan kebun kelapa sawit petani swadaya yang tersertifikasi di 2019 ini.

Rudy mengatakan, pembinaan yang akan dilaksanakan selama tiga hari ini digratiskan untuk para petani.

"Pembinaan ini akan dilaksanakan sejak 7 - 9 Agustus 2019. Program ini juga diberikan secara gratis, karena sudah dibiayai perusahaan, baik itu dari segi infrastruktur maupun legalitas lahan," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rukaiyah Rafik perwakilan dari Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Fortasbi) juga menyampaikan kekagumannya terhadap SSMS.

"Ini sangat baik dan merupakan nilai tambah untuk SSMS, karena tidak banyak perusahaan yang melakukan hal seperti ini. Harapannya ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi perusahaan lain untuk membantu petani swadaya," ucap wanita yang akrab disapa bu Uki ini. (B-6)

Berita Terbaru