Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapas Kelas IIB Muara Teweh Over Kapasitas

  • Oleh Ramadani
  • 07 Agustus 2019 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Teweh saat ini menampung 316 narapidana dengan berbagai kasus.

Jumlah itu membuat Lapas Kelas IIB Muara Teweh overload. Lantaran daya tampung Lapas hanya sebanyak 175 orang.

Kepala Lapas Kelas IIB Muara Teweh, Sarwito, Rabu, 7 Agustus 2019, mengungkapkan bahwa  kelebihan penghuni untuk sementara ini tidak terlalu bermasalah dan dapat diatasi.

Namun, kata dia, dengan penghuni lapas yang melebihi kapasitas tentunya kebutuhan semakin bertambah. Seperti air dan jatah makan. 

“Kelebihan penghuni hotel  predeo ini memang untuk sementara tidak terlalu bermasalah dan bisa diatasi. Hanya, tentunya berimbas pada makin meningkatnya kebutuhan lain. Terutama masalah air. Karena saat ini anggaran untuk air dari pusat belum mencukupi bahkan boleh dikatakan sangat kurang bila dibandingkan dengan semestinya,” kata Sarwito.

Ia melanjutkan, untuk kamar atau sel tahanan yang tersedia di Lapas hanya sebanyak 38 buah.

“Untuk per kamar, semestinya ukuran kecil hanya dihuni 5 orang. Namun kini dihuni hingga 12 orang. Sedangkan kamar ukuran besar idealnya di tempati 10 orang, kini dihuni sampai 22 orang,” sebutnya.

Keadaan ini, kata dia,  terpaksa dilakukan karena sudah tidak ada kamar lagi, yang disebabkan kelebihan warga binaan lokal maupun pindahan dari kabupaten atau provinsi. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru