Pelajar Diminta Gunakan Masker Saat Berkendara

  • Oleh Reno
  • 08 Agustus 2019 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kabut asap telab mulai menyelimuti sebagian wilayah Kabupaten Seruyan, terutama di daerah Kecamatan Seruyan  Hilir Timur. Di sana lahan yang terbakar cukup luas, terutama di wilayah gambutnya.

Untuk itu, masyarakat, terutama pelajar diminta menggunakan masker ketika menggunakan kendaraan. Upaya tersebut dalam rangka mencegah asap terhirup secara langsung ketika masyarakat menggunakan kendaraan roda dua.

"Ya, karena memang ada sebagian wilayah di Seruyan yang tertutup kabut asat tebal, kita minta agar masyarakat maupun pelajar supaya dapat menggunakan masker saat berkendara," kata Kepala Dinas Kesehatan Seruyan Mahdiniansyah, ketika dimintai konfirmasi, Kamis, 8 Agustus 2019.

Menurut Mahdini, penggunaan masker sebagai cara efektif untuk mencegah terhirupnya kabut asap, apagi asap bekas kebakaran lahan baunya cukup menyengat. 

"Karena memang kabut asap ini terjadi pada pagi hari dan sore menjelang malam. Yang paling parah kita perhatikan pada pagi hari. Dan aktivitas pelajarkan pagi hari. Mereka tetap kita minta gunakan menutup (masker)," ucapnya.

Dampak kabut asap bisa menimbulkan penyakit Inpeksi Saluran Pernafasan Atas atau ISPA, sehingga memang perlu dilakukan pencegahan. (RENO/B-5)

Berita Terbaru