Tim Fokus Menangani Kebakaran Lahan Gambut di Sungai Bakau

  • Oleh Reno
  • 08 Agustus 2019 - 08:02 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sekretaris Daerah Seruyan Haryono menyebutkan bahwa saat ini tim atau satuan tugas penanganan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla Seruyan terfokus menangani kebakaran lahan di kawasan desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur.

"Karena di sana memang lahan yang terbakar lumayan luas, bahkan satu titik areal saja panjang kebakaran laha capai 200 meter. Sementara terbakar beberapa titik," kata Sekda Haryono, Kamis, 8 Agustus 2019.

Menurut Sekda, tentu terdapat sejumlah kendala pada saat tim menangani kebakaran lahan beberapa hari terakhir, terutama terjadinya masalah pada mesim pompa airnya.

"Karena memang terus dipakai non stop pada jam penanganan. Sampai ada masalah di mesin. Kemarin ada 2 mesin yang sempat bermasalah. Namun sudah bisa diatasi," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa mayoritas lahan yang terbakar adalah lahan gambut, lahan gambut ini cukup banyak di daerah Desa Sungai Bakau.

"Karena memang lahan gambut ini ketika disiram asapnya terus berhembus, tim harus memastikan bahwa api benar-benar sudah padam baru ditinggalkan," ucapnya. (RENO/B-5)

Berita Terbaru