Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Permintaan CPO Global Naik 7 Juta Ton di 2019 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 08 Agustus 2019 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Permintaan global untuk minyak sawit mentah (CPO) akan meningkat sedikitnya tujuh juta ton pada tahun 2019 ini.

Menurut analis minyak nabati, Thomas Mielke, untuk pasar minyak nabati global saat ini membutuhkan sekitar 77 juta ton minyak sawit pada 2019.

Sedangkan untuk total pertumbuhan global, kata Mielke, diperkirakan bergerak moderat menjadi antara 2 hingga 2,5 juta ton pada tahun depan. 

"Ini artinya ada selisih lumayan besar untuk supply dan demand," ungkapnya di sela acara seminar minyak sawit di Malaysia belum lama ini.

Pada kesempatan itu, Mielke juga mendesak para pelaku industri sawit untuk mengatasi masalah peningkatan hasil panen, seiring dengan produksi tahunan minyak sawit di Malaysia terus menurun, sedangkan produksi minyak bunga matahari justru melonjak 53% dalam 15 tahun terakhir. 

"Pada saat yang sama, produksi minyak rapeseed meningkat 26%, dan produksi minyak kedelai menanjak 18%," imbuhnya. 

Pada 2030, menurut Mielke, akan lebih banyak minyak sawit yang dibutuhkan untuk mengolah makanan dibandingkan dengan untuk pembuatan biofuel. Kondisi itu dipicu oleh semakin meningkatnya jumlah penduduk dunia, yang diperkirakan mencapai 9 miliar orang pada 2050. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru