Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Murung Raya Pimpin Apel Siaga Karhutla 2019

  • Oleh Syahriansyah
  • 08 Agustus 2019 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Wakil Bupati Murung Raya (Mura) Rejikinoor memimpin langsung apel siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2019 di halaman Kantor Bupati Mura, Kamis, 8 Agustus 2019.

Apel siaga Karhutla tersebut diikuti seluruh instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Damkar, Manggala Agni, UPT KPHP Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, TNI, Polres Mura, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mura sebagai penggagas pelaksanaan apel tersebut. 

Rejikinoor mengatakan, peristiwa Karhutla menjadi perhatian penting baik itu dari segi dampak kesehatan yang disebabkan kabut asap.

"Penyebab Karhutla 90 persen diakibatkan oleh manusia terutama di Mura, ini yang menjadi tugas kita bersama dalam mengubah paradigma dan kebiasaan masyarakat dalam membuka lahan dengan membakar sehingga diperlukan sosialisasi secara edukatif," pungkasnya. 

Di Mura sendiri sudah terdapat 8 titik hotspot yang tersebar di beberapa Kecamatan yang ada di Mura, namun beberapa titik api dapat diatasi segera oleh pihak BPBD Mura dengan anggota Kepolisian dan TNI. 

"Hingga saat ini kita memiliki 8 titik hotspot yang terpantau namun sebagian sudah kita tanggulangi segera dengan melakukan pemadaman pada titik yang dapat kita jangkau," tutur Kepala BPBD Mura, Markudius Dani. (RIANSYAH/B-2) 

Berita Terbaru