Kemenag Kapuas Gelar Simulasi Kompetisi Sains Madrasah Secara Online

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Agustus 2019 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kabupaten Kapuas melalui Seksi Pendidikan Madrasah mengelar simulasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) secara online di Lab Komputer MAN Kapuas pada Kamis, 8 Agustus 2019.

Simulasi diikuti pelajar Madrasah Ibtidaiyah atau (MI), Madrasah Tsanawiyah atau (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se Kabupaten Kapuas yang sudah meraih peringkat teratas pada seleksi sebelumnya.

Kegiatan itu dihadiri Kepala MI, Kepala MTs, Kepala MA, serta para pendamping, dan pihak MAN Kapuas selaku tuan rumah kegiatan tersebut.

Kasi Pendidikan Madrasah, Sajarwan, yang meninjau kegiatan itu mengatakan, simulasi ini digelar dalam rangka persiapan pelaksanaan KSM tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dengan sistem berbasis komputer.

“Simulasi ini dilaksanakan secara serentak pada seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia. Dengan simulasi ini diharapkan siswa yang lolos dalam kegiatan KSM tingkat Kabupaten tersebut dapat menyesuaikan diri dengan KSM di tingkat provinsi yang menggunakan CBT," ucap Sajarwan kepada wartawan usai kegiatan.

Adapun mata pelajaran yang diuji adalah matematika dan IPA untuk tingkat MI, matematika, IPA terpadu dan IPS terpadu untuk tingkat MTs. Sementara untuk tingkat MA adalah matematika, biologi, fisika, kimia, ekonomi, dan geografi.

Dalam ujicoba ini, peserta KSM Online diperkenalkan dengan aplikasi yang disiapkan Kementerian Agama. Selanjutnya peserta mengakses sistem dan menginput data dan mengikuti langkah yang ditentukan oleh sistem. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)
 

Berita Terbaru