Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karhutla di Sukamara 99 % karena Manusia 

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Agustus 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Sukamara, Iwan Miraza mengatakan, kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Bumi Gawi Barinjam 99 % karena faktor manusia.

"Faktor kebakaran ini 99 persen disebabkan oleh manusia," ucap Iwan Miraza pada rapat koordinasi pengendalian karhutla di aula kantor bupati, Kamis, 8 Agustus 2019.

"Secara teori hanya satu persen saja kebakaran hutan dan lahan yang disebabkan oleh faktor alam, yaitu bisa saja karena kemarau panjang adanya patahan-patahan pohon, adanya gesekan-gesekan yang menimbulkan api, tetapi itu hanya satu persen saja, yang banyak itu faktor manusia," terang Iwan.

Kepala Damkar tersebut menambahkan, jumlah kebakaran yang ditangani sejak Januari hingga 5 Agustus 2019 mencapai 40 kasus.

"Sampai 5 Agustus kemarin tercatat ada 40 kebakaran yang ditangani petugas damkar, saya belum tahu apabila ada jumlah tambahan dari beberapa hari ini," ujarnya.

Iwan melanjutkan, dari 40 kebakaran yang ditangani, 39 kasus adalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan satu kasus kebakaran permungkiman. 

"Kita terus berupaya agar setiap kebakaran bisa kita tangani dengan cepat," tuturnya 

Dalam kesempatan itu, Iwan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas membakar hutan dan lahan, mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau, sehingga sangat rentan.

"Karena kemarau telah tiba, masyarakat diingatkan untuk jangan coba-cobalah membakar lahan, karena membakar ini memang dilarang," harap Iwan Miraza.

"Membakar ini ada sanksi hukum pidananya, sanksi hukum dan lain sebagainya," terangnya.

Berita Terbaru