Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Hadiri Rakornas Pengendalian Karhutla di Istana Negara

  • Oleh Uriutu
  • 08 Agustus 2019 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri menghadiri Rapat Koordinasi Nasional atau Rakornas pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Eddy Raya mengatakan, Rakornas itu diikuti semua perwakilan tiap daerah yang rawan Karhutla untuk mendapatkan arahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo terkait pengendaliannya.

“Kita bersama daerah lain juga menghadiri kegiatan ini untuk mengantisipasi serta pengendalian Karhutla,” kata Eddy Raya kepada Borneonews, Rabu, 8 Agustus 2019.

Hasil kegiatan tersebut, lanjut dia, pihaknya diarahkan untuk bisa mengalihkan pola pertanian tradisional menuju pola pertanian yang modern dengan menggunakan teknologi.

Pola modern tersebut merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Ia  membeberkan,  Presiden juga meminta setiap daerah dalam membuka lahan untuk pertanian tidak menggunakan cara manual. Namun, menggunakan pola teknologi modern.

“Nanti setiap daerah diminta untuk mengsulkan bantuan ke Kementerian Pertanian baik tata cara serta peralatan modern dimaksud,”  ucap dia.

Ia menambahkan, untuk membuka lahan manual biasanya secara land clearing atau membakar hal itu diubah dengan membersihakan tanpa membakar menggunakan traktor dan excavator. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru