DLH Kalteng Sosialisasi Kebijakan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Uriutu
  • 08 Agustus 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan sosialisasi kebijakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Barito Selatan. Sosialisasi berlangsung di Aula Bappeda Buntok, Kamis 8 Agustus 2019.

Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup pada DLH Provinsi Kalteng, Merty Ilona mengatakan, pihaknya memilih Barsel sebagai tempat dilaksanakan sosialisasi karena yang paling awal menetapkan status siaga darurat Karhutla.

Ini, lanjut dia, sangat luar biasa. Dengan begitu, pihaknya pun menyampaikan informasi-informasi terkait kebijakan serta hal-hal yang perlu diwaspadai terkait kebakaran hutan dan lahan.

“Pemerintah sudah mengakomodir semua seperti Instruksi Presiden nomor 11/2015 bahwa semua Menteri Koordinator tanpa kecuali harus terlibat langsung dalam penanganan Karhutla,” kata Merty Ilona kepada Borneonews.

Di tempat yang sama, Kepala DLH Barsel, Edi Kristianto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pencegahan terjadi Kebakaran Hutan dan lahan atau Karhutla di wilayah Barito Selatan.

“Kegiatan ini kita laksanakan sebagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan lahan,” ucap dia.

Karena, lanjut dia, dalam kegiatan ini memberikan pemahaman kepada masyarakat mulai dari regulasi serta peraturan yang ada. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru