Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Diminta Fokus pada Pencegahan Karhutla

  • 08 Agustus 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemko Palangka Raya diminta fokus pada pencegahan ketimbang penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Menurut Kepala Project Base Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Palangka Raya Aryo Nugroho, sejauh ini masyarakat belum terlibat aktif dalam masalah karhutla. Seringkali masyarakat hanya mendapat imbauan untuk tidak membakar lahan, namun tidak dilibatkan secara aktif terkait dengan menjaga wilayahnya.

Ia menilai, sebaiknya anggaran pemerintah yang selama ini digunakan untuk penangulangan karhutla dialihkan untuk tindakan pencegahan, yakni dengan memberikan alat pemadam kepada masyarakat.

Dengan pemberian alat pemadam kepada masyarakat tentunya masyarakat bisa menjaga dan juga melakukan pemadaman di wilayahnya sendiri tanpa harus menunggu tim satuan tugas pemadam kebakaran dari pemerintah.

Selain itu, keterlibatan masyarakat tidak hanya sebatas sukarela. Tetapi mereka juga diberi insentif dari alokasi anggaran tersebut atas kerja mereka membantu memadamkan api.

Hal tersebut diharapkan bisa menjadi motivasi tambahan bagi mereka karena mendapat tambahan pendapatan untuk kebutuhannya.

"Salah satu gugatan kami dalam putusan MA terhadap gugatan masyarakat atau citizen law suit terkait asap di tahun 2015, adalah keterlibatan masyarakat. Kenapa tidak sebaiknya uang yang dilakukan untuk penanggulangan itu dialihkan untuk pencegahan saja," jelasnya, Kamis, 8 Agustus 2019.

"Masyarakat yang diberikan alat untuk pemadaman. Tentunya langka ini bisa jadi pertimbangan jika pemerintah serius dalam menangani masalah karhutla ini," tambahnya. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru