Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Terus Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan

  • Oleh Ramadani
  • 08 Agustus 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara melakukan pemeriksaan hewan kurban. Apalagi, Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah semakin mendekat, tepatnya pada 11 Agustus mendatang.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Barito Utara, Abdul Muin, Kamis 8 Agustus 2019, mengatakan pengawasan dan pemantauan itu sejauh ini terus dilaksanakan.

“Untuk kesehatan hewan secara klinis juga aman. Kalau ada hewan yang sakit akan, kami larang untuk dijual,” kata Abdul Muin, Kamis, 8 Agustus 2019.

Muin menjelaskan, pemeriksaan kesehatan sapi maupun kambing ini dilakukan untuk memastikan kondisi hewan yang dijual dalam keadaan sehat. Sehingga layak dikurbankan dan aman dikonsumsi masyarakat.

Dia mengatakan, masyarakat jangan sampai mendapatkan hewan kurban yang tidak memenuhi syarat atau mengidap penyakit. Sebab, itu bisa bisa membahayakan kesehatan manusia.

“Alhamdulillah, hingga pemeriksaan kesehatan kedua kalinya ini, tidak ditemukan penyakit membahayakan di hewan kurban,” ujar Muin.

Ia juga menjelaskan, dalam berkurban tentu saja harus memberikan ternak yang terbaik.

Tim dinas pertanian melakukan pemeriksaan dan pemantauan hewan kurban jenis sapi dan kambing. Tim dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok I melakukan pemeriksaan di Jalan Ronggolawe, Jalan B Katamso, dan Jalan Margo Rukun.  Kelompok II di Jalan Wonorejo, Rapen dan Gang Melati. Sementara kelompok III di Jalan Nenas, Simpang LP I dan LP III, serta Jalan Pramuka. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru