Ribuan Pelajar Ramaikan Lomba Manasik Haji di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 Agustus 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - "Labaik Allahumma Labaik. Labaika La Sari Kalaka Labaik. Innal Hamda, Wanikmata, Laka Wal Mulk, Lasari Kala. Allahumma Sali Ala Muhammad,".

Begitulah lantunan sahut-sahutan di halaman kantor Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran atau LPTQ Kabupaten Katingan Jalan Soekarno-Hatta Kasongan, Kamis, 8 Agustus 2019 pagi.

Ya, bak di Tanah Suci Mekkah, sekitar seribuan pelajar mulai dari tingkat RA/TA, SD/MI, MTS/SMP, dan MA/SMA di Kecamatan Katingan Hilir antusias mengikuti manasik haji yang digagas pihak Kantor Kementerian Agama Katingan.

Para peserta haji yang sebagian besar usia SD dan SMP ini juga melaksanakan rukun haji. Di antaranya ihram, menjalankan niat ibadah haji karena Allah, wukuf atau berhenti di Arafah, kemudian tawaf atau mengelilingi Kabbah, hingga sai serta tahalul.

Manasik haji ini dibuka Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama sekaligus melepas rombongan manasik menuju halaman kantor kemenag.

Ketua panitia manasik haji, Saptul Anwar mengatakan, jumlah peserta yang ikut berpartisipasi berjumlah sekitar 1000 anak dari Kasongan maupun Kereng Pangi.

Menurutnya, para kelompok manasik akan dinilai oleh tim juri. Selain itu, peserta akan diberikan piagam penghargaan dan piala.

"Tujuan manasik haji bagi kalangan anak-anak sekolah ini mengenalkan sejak dini tatacara menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah itu," kata Saptul Anwar.

Asisten II Setda Kabupaten Katingan, Ahmad Rubama membuka lomba manasik haji untuk kalangan pelajar di halaman kantor kemenag Jalan Soekarno - Hatta Kasongan, Kamis, 8 Agustus 2019.

Ahmad Rubama dalam kesempatan ini mengapresiasi penyelenggara dan panitia yang mengadakan lomba manasik haji. Apalagi, peserta usia dini sudah diajari pelaksanaan ibadah haji.

Berita Terbaru