Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Ada Standarisasi Sarana dan Prasarana Penanggulangan Karhutla

  • 08 Agustus 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah dinilai perlu memberikan standarisasi terhadap sarana dan prasarana untuk penanggulangan karhutla. Demikian disampaikan, Kepala Project Base Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Palangka Raya, Aryo Nugroho, Kamis, 8 Agustus 2019.

Aryo Nugro mengatakan, standarisasi tersebut bisa menjadi tolok ukur atau kontrol bagi masyarakat atas upaya pemerintah dalam menanggulangi karhutla di Kalteng.

"Perlu dibuatnya standarisasi sarana dan prasarana untuk penanggulangan kebakaran. Jadi kalau bicara kontrol, standar bakunya seperti apa itu belum ada," kata Aryo.

Aryo juga menilai, anggaran akan penanggulangan karhutla yang terbilang besar, kurang maksimal dalam penggunaannya. Dari pengamatannya, hal tersebut kontradiktif dengan gambaran yang diperlihatkan media.

Menurutnya masih banyak tim satuan tugas (Satgas) pemadam kebakaran baik dari BPBD, TNI maupun Polri masih memadamkan api dengan alat yang terlampau sederhana. Di antaranya menggunakan dedaunan atau ranting pohon.

"Penanggulangan itu banyak uangnya. Namun fakta di lapangan, baik personil dari aparat kepolisian juga TNI, itu menggunakan alat yang sederhana untuk pemadaman. Jadi ini suatu hal yang kontradiktif. Satu sisi pemerintah sudah menganggarkan sekian, tapi fakta dilapangan tidak seperti itu," pungkasnya. (AGUS/B-11)

Berita Terbaru