DKPP Sukamara Periksa Kesehatan Hewan Kurban

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Agustus 2019 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Idul Adha 1440 Hijriah. Itu untuk memastikan ternak yang akan dikurbankan sehat dan aman dikonsumsi.

"Kami melaksanakan pemeriksaan hewan kurban seperti sapi dan kambing yang dijual pedagang," kata Kabid Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat, Kamis, 8 Agustus 2019.

Menurut Syamsir, hewan-hewan yang sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan akan diberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

"Dengan SKKH ini, maka hewan kurban ini sudah dipastikan sehat. Pada hari Idul Adha nanti, kita juga akan melakukan pemeriksaan bagian organ dalam hewan kurban," ujarnya.

Syamsir menambahkan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pengamatan terhadap hewan kurban. Berupa tanda-tanda kesakitan, luka memar, patah tulang, pengamatan lendir mata, hidung, gusi, anus, dan juga alat kelamin serta yang lainnya.

"Untuk ciri-ciri hewan yang sehat di antaranya kepala tegak dan sigap, mata bening, hidung basah dan tidak mengeluarkan ludah berlebihan. Lalu, tidak menampakkan masalah dalam bergerak dan beberapa ciri-ciri lainnya," terang Syamsir Hidayat. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru