DKPP Sukamara Periksa 13 Tempat Penjual Hewan Kurban

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Agustus 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sebanyak 13 tempat penjualan hewan kurban dilakukan pemeriksaan. Kegiatan ini untuk memastikan ternak yang dijual untuk kurban dalam kondisi sehat.

Hasil dari pemeriksaan yang dilakukan petugas pemeriksaan kesehatan hewan kurban Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara tidak ditemukannya adanya hewan kurban yang sedang sakit atau cacat.

"Kita tidak menemukan hewan kurban yang sedang sakit, semuanya sehat-sehat," ucap Kabid Peternakan, Syamsir Hidayat, Kamis, 8 Agustus 2019.

Setelah dilakuaknnya pemeriksaan hewan kuran tersebut, pihaknya mengeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) untuk ternak sebagai bukti bahwa kodisinya sehat dan layak dikurbankan.

"Dengan adanya SKKH ini, maka hewan kurban ini sudah dipastikan sehat," ujarnya.

Syamsir mengigatkan kepada para penjual dan pembeli hewan kurban untuk selalu mempertanyakan SKKH saat menerima hewan kurban dari luar daerah atau membelinya untuk mengetahui kondisi dari ternak.

"Kepada penjual hewan maupun juga pembeli hewan agar memiliki SKKH tersebut sehingga hewan yang akan dipotong benar-benar sudah dinyatakan sehat," harapnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru