Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Tanggung Jawab Bersama

  • Oleh Reno
  • 08 Agustus 2019 - 22:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Seruyan Agung Sulistyono menyebut bahwa penanganan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla bukan hanya putus di tim gabungan.

Namun, menjadi tanggung jawab bersama semua pihak, masyarakat serta dunia usaha. Untuk itu, peran serta semua pihak sangat dibutuhkan.

"Kalau terjadi kebakaran hutan dan lahan masyarakat jangan hanya melihat. Namun juga punya tanggung jawab untuk memadamkan api tersebut," ucapnya, Rabu, 7 Agustus 2019.

Kebakaran lahan gambut di sebagian besar wilayah Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, mendapat perhatian serius dari pemerintah. Tim penanggulanganpun terus dipertahankan untuk memadamkan api.

Sebenarnya, pemerintah sudah membentuk kelompok penanganan kebakaran lahan dan hutan di setiap desa. Kelompok itu diharapkan bisa segera bergerak bila ada kathutla.

"Bukan hanya malaporkan ke kita terjadi kebakaran lahan. Jadi bisa langsung mereka tangani sendiri karena kita sudah bentuk kelompoknya, dibantu dari pihak kecamatan juga," pungkas Agung. (RENO/B-3)

Berita Terbaru