Pemkab Sukamara Diminta Gali Pendapatan Daerah Sebanyak Mungkin

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Agustus 2019 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Sukamara meminta agar pemkab setempat menggali sumbar pendapatan, sehingga pendapatan daerah bisa terkumpul sebanyak-banyaknya.

"Dalam perubahan APBD ini, ada dua hal pokok  yaitu pendapatan dan belanja," ucap Sekretaris Fraksi PKB DPRD Sukamara, Andri Purwanto, Jumat, 9 Agustus 2019.

"Prinsip dasar arus pendapatan adalah bagaimana pemerintah daerah mampu untuk menggali sumber-sumber pendapatan secara luas, sehingga pendapatan daerah terkumpul sebanyak-banyaknya," ujar Andri.

Dirinya meminta, agar perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dapat membelanjakan dana dengan efektif dan efisien, sehingga anggaran tersebut bisa dorasakan manfaatnya oleh masyarakat Bumi Gawi Barinjam.

"Sementara prinsip dasar arus Belanja terletak pada aliran dana yang efektif dan efisien, sehingga setiap rupiah yang mengalir untuk pembelanjaan benar-benar dapat dirasakan masyarakat dan memiliki multyplier effect terhadap pertumbuhan dan pembangunan sosial ekonomi Sukamara yang lebih berkeadilan," harapnya.

Sebumnya, Fraksi PBK telah menyatakan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sukamara tahun anggaran 2019, untuk dibahas lebih lanjut melalui mekanisme Dewan yang berlaku .

"Namun dengan tetap memperhatikan catatan-catatan yang telah kami sampaikan, sehingga Ranperda tersebut dapat dilanjutkan dan dapat ditetapkan sebagai Peraturan Daerah Kabupaten Sukamara," tutur Andri Purwanto. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru