Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanggulangan Karhutla Perlu Koordinasi Semua Lini

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Agustus 2019 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Sukamara, Iwan Miraza mengatakan, penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) perlu koordinasi semua pihak.

"Masukan-masukan dari pihak-pihak terkait memang diperlukan, ini syarat dalam upaya menanggulangi karhutla di Kabupaten Sukamara," ujar Iwan Miraza, Jumat, 9 Agustus 2019.

"Selain itu perlu adanya keterpaduan dan koordinasi semua lini, karena tidak hanya damkar saja, kalau hanya damkar dan masyarakat membakar seenaknya, maka petugas kita tidak akan sanggup," kata Iwan.

Menurut Iwan, saat ini jumlah petugas pemadam kebakaran hanya berjumlah 33 orang, yang terdiri dari 32 prang berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan satu orang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Sekabupaten se Kalteng ini, kelas Damkar hanya daerah kita saja setingkat kasi, sedangkan kabupaten lainnya minimal kabid bahkan ada yang dinas," tuturnya.

Mekipun begitu, Iwan Miraza menegaskan, petugas pemadam kebakaran akan bekerja semaksimal mungkin untuk mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan. Saat ini setiap kasus yang terjadi selalu berhasil diatasi.

"Saat ada laporan langsung kami tindak lanjuti sehingga kenapa adanya petugas kami yang tidak memakai seragam saat berada di lapangan, karena petugas yang tidak piket saat adanya kasus juga kita hubungi untuk membatu petugas yang sedang piket," ucap Iwan Miraza. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru