Dinas Pertanian Panen Cluster Padi di Tamban Lupak

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Agustus 2019 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas telah melaksanakan panen cluster padi di kelompok tani Sari Mulya, Desa Tamban Lupak, Kecamatan Kapuas Kuala.

Kepala Dinas Pertanian Kapuas Anjono Bhakti melalui Kabid Tanaman Pangan Jarwadi mengatakan, cluster padi tersebut dilakukan pihaknya dalam rangka mendukung perkembangan agribisnis perberasan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas.

"Kegiatan cluster padi di kelompok tani Sari Mulya Desa Tamban Lupak tujuannya agar kabupaten Kapuas tidak hanya menjadi penyumbang produksi padi terbesar di Provinsi Kalteng, tapi agribisnis perberasan juga bisa berkembang," ucap Jarwadi, Jumat, 9 Agustus 2019.

Sehingga menurut Jarwadi, akan muncul brand beras dari Kapuas karena sementara ini yang ada di pasaran adalah beras merek/ produk dari Kalsel maupun dari pulau Jawa. 

"Melalui cluster padi ini kelompok tani didukung atau difasilitasi bantuan alsintan, sarana produksi, olah tanah, alat pasca panen dan RMU serta kemasan beras, sehingga bisa mengembangkan perberasan," kata Jarwadi.

Adapun lahan kelompok tani Sari Mulya tersebut terhampar padi seluas 25 ha, dan sudah dipanen secara simbolis. Adapun hasil ubinan padi varietas IPB 1 R Dadahup tersebut sebesar 4,5 ton GKP.

"Harapan kami hasil panen tersebut dipasarkan dalam bentuk beras berkemasan dengan menggunakan varietas padi spesifik lokasi," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru